Senin, 28 November 2011

pedagang keliling: penuh semangat itu perlu

 Gorontalo-beberapa pedagang obat keliling mulai banyak yang merambah keberbagai daerah gorontalo, bukan saja dibagian pasar yang sering kita temui, tetapi mereka langsung masuk ditiap-tiap desa dengan mengadakan satu atraksi dimana disela-sela atraksi atau sulap tersebut mereka gunakan untuk berdagang. satu hal yang menarik dalam hal ini teknik mereka berdagang, mereka cukup kreatif dalam berdagang dengan mengadakan satu atraksi sederhana namun memikat banyak penonton dan membuat penonton tak bisa beranjak dari tempat duduknya karena rasa penasaran yang mereka berikan pada atraksi. disela-sela rasa penasaran itu, digunakanlah waktu untuk berdagang hingga banyak barang atau produk mereka yang laku baru kemudian dibukalah rasa penasaran para penonton untuk sekaligus menutup acaranya.
disamping itu ada lagi yang lebih menarik, yakni dalam berdagang mereka mengeluarkan produk pertama yang paling mahal, setelah laku baru produk yang agak murah dikeluarkan hingga yang termurah, akibatnya banyak produk yang laku dengan cara ini.
namun sebagai pelajaran yang paling berharga bai semua adalah ternyata yang membuat penonton tetap bertahan adalah bukan saja rasa penasarannya, namun semangat yang dipancarkan oleh penjualnya melalui cara ia membawakan acara, tidak pernah sedikitpun terkesan suara lemah, semua selalu semangat, dari awal tampil hingga akhir acara dipenuhi dengan semangat. mungkin ini akan menjadi salahsatu contoh bagi kita untuk melakukan satu pekerjaan, akan baik jika kita bawa dengan semangat dan caria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan komentar terbaikmu ya....,